Oleh: Arif Budiman | Sabtu, 12 Juli 2008

Sebuah Arti Kehidupan

Sepuluh hari yang membuatku puas… Banyak pelajaran yang aku dapatkan di kala kesepuluh hariku pulang ke kampung halaman tersebut. Bertukar pikiran dengan Bapakku tercinta, menghasilkan banyak sekali pelajaran baru buatku.

Salah satunya adalah tentang sebuah arti kehidupan menurut Quran. Bahwa hidup adalah sebuah tempat “kepura-puraan” atau “sandiwara”, “saling menyombongkan diri” dan “penipuan”. Eits, tunggu dulu. Ini penjabarannya:

  1. Kepura-puraan maksudnya adalah bahwa hidup ini sebenarnya adalah kosong, tidak ada artinya bagi kita semua. Kita mencari harta dan menumpuknya sebanyak-banyaknya adalah sejatinya kosong. Kita mencari gelar dan jabatan setinggi-tingginya adalah sebenarnya kosong. Kita bernapas pun sebenarnya adalah kosong. Jadi, sebetulnya semuanya adalah kosong, kecuali Yang Maha Agung yang mempunyai kuasa bagi seluruh alam, tak terkecuali manusia.
  2. Saling menyombongkan diri maksudnya kita hidup hanya dikejar oleh rasa ingin membanggakan diri sendiri. Punya sesuatu yang sedikit pun apabila dirasakan baik baginya cenderung ingin ditunjukkan kepada orang lain. Rasa kebanggaan terhadap diri sendiri (dan juga bisa membanggakan orang lain atau harta benda yang dimiliki) itu tidak dapat dipungkiri melekat pada diri semua manusia tanpa terkecuali.
  3. Penipuan. Yang dimaksud penipuan di sini adalah, bahwa nikmat yang dirasakan di dunia adalah sebenarnya bukan nikmat yang langgeng, hanya nikmat semu dan sesaat. Namun itu dirasakan nikmat dan cenderung dengan senang hati dilakukan oleh manusia. Sedangkan nikmat yang sebenarnya adalah nikmat akhirat, yang di dunia adalah dirasakan bukan sebagai nikmat oleh manusia melainkan sebagai sebuah beban atau tuntutan. Sehingga, manusia cenderung untuk meninggalkannya.

Kehidupan di dunia ini hanyalah dapat dirasakan bukan sebagai ketiga hal di atas oleh orang yang benar-benar tidak memikirkan ketiga hal yang di atas, melainkan menyandarkan kesemuanya kepada Yang Esa. Sedangkan untuk bisa melakukan itu, manusia harusnya mempunyai dua kunci hidup, yakni SABAR dan SYUKUR (Sesuai dengan konsepku pribadi, namun sekarang aku tambahi satu lagi jadi 3S: SADAR, SABAR, dan SYUKUR).

About these ads

Responses

  1. semakin banyak pelajaran hidup yang kita dapat, menyenangkan… :)

  2. Karena baru setelah kita sadar, kita bisa menjadi penuh kesabaran dan akhirnya bisa bersyukur..

  3. setuju dgn komennya mas Koko,kang.

    *************lj*************

    bagaimana khbrnya,mas.
    sdh lama aku tak berkunjung pada ruang kamar katamu ini,mas.

    salamku.

  4. ayo, siapa yang mau masih hiduP?? hehehe…

  5. > mybenjeng
    Betullll……..

    > koko
    Sama betull juga…

    > langitjiwa
    Kabarku baik-baik saja. Sama, lama sudah tidak blog-walking… :mrgreen:

    > t4rum4
    Ya semua orang lah… :evil:

  6. lha iman kan katanya terbagi dua, sabar dan syukur. dua aja dijalani sudah masuk kaum beriman… :D

    • apa itu arti iman???????

    • iman itu yang penting punya keiklasan,,,,,
      apa lagi keiklasan dari hati yang kecil kita,,,
      itu saja sudah membuat kita untuk iklas dlm beriman,,,,

  7. terima kasih dik arif atas masukannya… sangat berguna sekali untukku.

  8. yang pasti, keduniaan ini jg harus kita cari, tdk hanya akhirat. walaupun hidup merupakan sebuah panggung sandiwara.

  9. IIIhhh,,Bagus LAh anda bikin,,bagrund and Berita tentang arti kehidupan…..Smoga kedepan anda Akan Suxes…SLLAlu…Amien,

  10. sadar sabar syukur itu semua adalah kunci untuk kehidupan manusia yang nantinya bakal tercapai apa yg akan diinginkanya .

  11. arti kehidupan sesungguhnya berasal dari kita yang menjalaninya, walau kadang semua orang mengatakan bahwa hanya sekedar mimpi ja? tapi ingat bahwa arti kehidupan sesungguhnya kita harus bersyukur atas nikmat yang diberikan dari Allah kita hanya dapat menjalaninya dan Allah-lah yang mengaturnya, kita sebagai manusia gak bisa apa2 atas kehendak dri yang kuasa.

  12. kehidupan memang kadang membuat manusia lalai dalam mengingat amanah yang di embannya?sejatinya kata ustadz arifin ilham”hidup ini bukan untuk hidup,hidup juga bukan untuk mati,hidup ne untuk Yang Maha Hidup dan mati itulah untuk hidup” namun,semua tergantung manusianya mau bagaimana menafsirkan arti kehidupan itu sendiri

  13. ya bener hidup di dunia penuh dengan hal di atas tergantung karang kita menyikapinya..?

  14. Sungguh luar biasa kta untdz aripin ilham!nmanya mrip aq ya!mdh2han aq bisa sprti dia!!amien

  15. hidup tidak hanya untuk mencari kesenangan, maka sayangilah org yg kamu sayangi.

  16. hidup itu adalah sebuah permainan yang selalu bisa berubah2 suatu saat.karena hidup itu jgn lah disiasiakan.

  17. hidup adalah sesuatu keindahan yang diberikan oleh tuhan, karena itu jgn lah mempermainkan kehidupan ini.

  18. SETIAP HIDUP PASTI ADA SUSAHNYA

  19. BAGUS …. ! KEMBANGKAN TERUS KARYA – KARYA MU NAK ?

  20. makasih ya ama artikelnya bagus banget tuh

  21. Menurut saya pendpatnya sangat bagus karena Alhamdulillah saya jadi lebih tau tetang arti hidup ini.terima kasih :-)

  22. Saat ini q sdg b’usaha mencri jti diriku, dlm upaya mengorek arti kehdpn yg sesungguhnya…
    Km adl insirasiku!

  23. kehidupan adalah tantangan

  24. artikel ni bantu saia ngrjaun tgs .. mksh .

  25. Buetul katae njenengan mas..manteeeeeep istilahe wong GRESIK…
    podo wong GRESIK’e…adhoh, cidhek tetep saduluraann….
    salam kenal mas Arif…..

  26. Allah kita menyuruh kita untuk mnjalin hubungan yang baik dengan;Allah,sesama makhluk,dn dgan alam

  27. kehidupan itu bisa diartikan sebagai kedua mata kita
    kadang tertutup kadang terbukaitulah arti kehidupan sebenarnya

  28. right side of wrong…. and i know that right…..

  29. Nice…………….

    Mungkin Hanya Nabi yang bisa sempurna dalam Syukur Dan Sabar…………..

    Tapi Kita harus selalu berusaha sabar & bersyukur………….

    Kita tak Akan bisa Sempurna…….tapi….
    Bila dapat meresapi artikel diatas…Akan sangat mudah menjalani hidup …………Semoga……….

  30. artikelnya the best

  31. makasih tulisan anda sy masukkan di fb…sebagai tautan…

  32. semakin kita sadar dalam dunia ini maka kita diminta sabar setelah kesabaran trecapai maka kita harus selalu bersyukur…………………

  33. emg bner y..
    qt hrus bgtu..
    hdup ni hny sndwara…

  34. hidup itu hanyalah permainan game

  35. Alam semesta beserta isinya adalah KELAHIRAN-KEHIDUPAN-KEMATIAN Dan Akan tetap Ada,di Sadari atau tidak di sadari.Di Lihat atau tidak dilihat.Sengaja atau tidak di Sengaja, Dan yang penting adalah Percaya atau tidak Percaya.
    Jadi mumpung Sudah di Ciptakan ya Bersyukrlah.

  36. kehidupan adalah sebush perjalanan yg banyak rasa.dan rasa itu adalah guru terbik untuk terus hidup dan terus merasakan semua yg ada.hidup bukan untuk di renungkan tapi terus di jalanin apapun itu.

  37. hidup kadang sangt menyktkn tpi hidup adalah kbhgian.mka bersyukurla bg tmn2 yang msh d bri ksmptan untk hdp,wlwpun sudsh tersebar 2012 bklan kiamt….he2

  38. sapa yang mau percaya klo kiamat 2012, kiamat kan ada d tangan tuhan……………………

  39. Kehidupan t sLamanya berada daLam Kebahagiaan. Kadang tnpa kita sadari. kita terjerumus dalam sbuah penderitaan. Namun sebenarnya, di baLik penderitaan itu, pasti tersimpan berbagai AnugRah yg mungkin akan meLebihi nikmat Kebahagiaan yg pernah kita rasakan.

    So,, jLaniLah kehidupanmu apa adanya!! Karena senyuman dan tangisan adaLah hiasan kehidupanmu.

  40. tambahin lagi dong byar tambah lengkap n jelas..

  41. hidup ini hambar tak terasa ap” kecuali hidup dengan keluarga tercinta tak terkecuali orang tua.

  42. benar tuh, , , aziiiiieeeeeebbbb pisan uy tah diluhur

  43. Askum mua..
    Ya bnyak org brpndpt tntng khdpan ini,n pdptnya pazti brbda bda sesui fkran mereka.
    Tapi yg jelas khdupan hanyalah jalan yang harus d tempuh untuk menuju akhirat yg penuh kepastian.

    Jadi lalu jalan itu dngan hati” jangan jampai kita terpleset oleh lumut godaan,atau trglincir kdlm jurang dosa karna krikil dunia yg sementara..

    Dan jangan lupa Syurga adalh tujuan kita..

    Maka berjalanlah sbgaimana layaknya org yg rindu pda surga karna rahmat dan ridha-Nya..

    N to mas arif,jngan bsan tlis artikel”nya untuk kita semua..
    Thanks mas..

  44. Hidup itu…… mempoenyai arti yg sangat luas…..
    tapi di antaranya adlah t4 untuk mengumpulkan smua bekal yang qta butuhkan dalam perjalanan menujuh t4 yang abadi tuk slamanya….
    dan juga hidup adalah pilihan…..
    yang harus qta pilih dalam segala hal..

  45. arti kehidupan sebenar nya suatu kebebasan moral yg sangat jelek dan basih betul upin betul betul betul

  46. gw selalu erharap hidup w lebih baik?

  47. hidup tu seperti busur panah yang di lepas dari panax.

  48. hidup didunia cuma sementara,,
    cari kenikmatan di dunia dengan ridho allah..
    hidup ni pilihan mau pilih benar atau salah (surga atau neraka)
    khdpn kekal abadi adalah alam abadi kita akhirat,itu tempat kita yang sebenarnya..

    pernahkah kita berfikir tentang allah
    dan berasal dari apa..manusia dari tanah,malaikat dari nur(cahaya),syetan atau jin dari api,sungguh maha besar allah yang diluar akal fikiran kita..

    allah selalu ingat kepada hambanya,apa kalian sadar yang diberi kenikmatan olehnya,kadang kita selalu lupa kepadanya..padahal itu ujian..sekecil apapun atau apapun yang kita miliki dari mulai perkataan atau apapun semuanya akan di pertanggung jawabkan di akhirat..

    hidup di dunia akan sangat lebih berarti kalo kita selalu inget sama allah..bukan harta atau jabatn yang akan kita bawa.tapi kepedulian kita kepada allah s.w.t!!
    semuanya pasti ada balasan,allah tidak pernah ingkar pada janjinya..

  49. Assalamu’alaikum.wr.wb

    sebenarnya kehidupan itu sangat lah berarti ,maka dari ini kita selaku seorang manusia kita harus menyadari apa yng pernah kita lakukan di dunia ini,..karna sewaktu-waktu hidup ini akan berakhir tampa kita sadari..!!

    Wassalam

  50. kehidupan hanya terjadi 1 X jadi kita harus benr” menjalani nya dgn baek…………….

  51. Ringan untuk brkata Berat untk menjalankan…………..

  52. hidup mu dan hidupku berbeda..

  53. hidup itu harus penuh rasa bersyukur…
    menjalankan ajaran perintah agama
    saling mengasihi satu sama lain.saling tolong menolong tanpa memilih perbedaan agama,ras,warna.

  54. Arti kehidupan adalah membuat hidup ini berarti bagi diri sendiri, lingkungan dekatnya dan orang lain yang membutuhkannya. Apalah artinya hidup ini bila tidak berarti bagi siapapun bahkan tidak berarti bagi dirinya sendiri.

  55. kebohongan,sandiwara,serta selalu menyalahkan orang lain adalah andalan seseorang untuk menutupi kesalahannya,walau kecewa,tp itulah hidup!dan aku yakin dibalik semua itu sudah ada balasannya sendiri.

  56. kehidupan seseorang itu berbeda

  57. hidup itu emang sebuah misteri,yang dengannya kita bisa paham n sadar siapa diri kita sebenarnya

  58. alhamdulillah,,prinsip kita sama..
    Saya sendiripun memiliki prinsip 3s tersebut

  59. trma ksh artikel nya bs d buat sebuah pegangan tue isi nya,(lo blh nambahin Ihklas menjalani hdp yg paling utama)

  60. kehidupan adlah takdir yg tuhan tlah berikan untk kta
    kegagalan,kesuksesan,kesalahan,kabahagian,kesedihan,semua bagian dri khidupan…
    semua yg tlah kta lewati seperti mimpi hanya menimbulkan bekas..
    baik skali jka khdupan kta untk membuat orang lain bahagia dlm kehidupanya
    thank you untk arti khdpan

  61. Hidup ini memang seperti permainan…….
    akhir ceritanya berakhir sesuai dengan cara kita menjalaninya….

    tapi ingat…ada 3 hal dalam hidup kita yang tidak akan pernah kembali…yaitu…

    1 WAKTU
    2 KATA-KATA
    3 KESEMPATAN

    Jadi selama kita menjalani hidup ini,kita harus bisa menggunakan hal tersebut dengan sebaik-baiknya agar kita tidak masuk kedalam lobang PENYESALAN…

  62. hidup memang sulit untuk didefinisikan..
    cukup dijalani aja dengan ikhlas semua yang ada..
    but yg pasti gag boleh nyerah sama keadaan yang ada..
    tep hrus brusaha untuk menjadi pribadi yg lbih baik..

  63. SEMOGA AKU MENJADI ORANG YANG SELALLU BERSYUKUR DAN TAWAKAN AMIIIIIIIIIIINNNNNNNNNNNNN

  64. Tdak ad 7an LaEn dri khdupan kcuaLi hny u/ mNyembAh ALLAH SWT….ALLAH SWT….

  65. allhamdulillah makasih iia kaka…
    untuk ilmunya… :)

  66. Hidup tak semudah membalikkan telapak tangan tuk bahagia.(˘⌣˘)ε˘`).
    Hidup adlh perjuangan tuk bertahan mencari kebahagiaan °(^▿^)/°

  67. jgan sia2 kn khidpan …
    lkaan yg baik di ats dunia ini ….
    jngan lah qta mrugikn orang lain ….

  68. rasa syukur kita sebagai bentuk pengendalian diri …..

  69. hidup adalah pilihan,,,,

  70. Ikut menyimak artikelnya Gun :-)

    salam,

  71. makasih gan ..
    kata” memotivasi saya untuk selalu maju trus ..

  72. hanya ucapan trimksih yg dpat aq lakukan buat tman2 smua

    kni aq bru menyadari arti pentingnya suatu khidupan ini
    do’a kan aq ya tman2 agar senantiasa menjdi org yg bersyukur dalam menjlankan sisa hidup q

  73. Menurutku hidup bukan kepura – puraaan, bukan untuk menyombongkan diri, bukan kesemuaa!! Hidup itu penuh arti!!!! Mustahil Jika Tuhan menciptakan menciptakan kehidupan ini tanpa arti, maksud dan tujuan!! jika kita mencari harta benda hanya untuk kesombongan belaka, memang gak ada manfaatnya, tapi bila harta benda yang kita miliki,kita belanjakan untuk di jalan Tuhan dan bermanfaat bagi orang lain pasti akan ada artinya buat kehidupan kt kelak. Dunia itu ibarat sebuah ladang kehidupan, jika kt tanami dengan hal2 yang baik, suatu saat nanti (hidup setelah kematian) kita akan menuai hasil yang baik pula, tapi bila kt tanami dengan hal2 yg buruk, maka yg akan kita panen adalah keburukan, kepedihan!!!

  74. menurut sy, HIDUP itu adalah KESUSAHAN..

    Krna semenjak sy lahir, hidup saya SUSAH melulu’ !!

  75. ” dunia memang penuh dengan kemewahan fatamorgana kesenangan ,…tapi semua itu hanya sementara dan tipuan belakang…dan jadilah yg mengerti dan yg terbaik bahwa setelah dunia ini ada kehidupan yg abadi…!!!

  76. hidup adalah ujian,untuk mengukur dmn letak ke imanan seseorang,
    agar kita bisa bersabar dan bersyukur

  77. terima kasih stelah membaca aku skarang tau arti kehidupan

  78. hidup adl suatu amanah dr tuhan yg hrs kta jlani dgn sungguh2 dimana berbgai rintangan akan banyak menerjang

  79. Makasihhh,, akhirnya aku tahu juga deh se sangat bermanfaat,, thanks

  80. sadar, sabar, syukur,,,, uiiihhhh jadii pelajaran yg berguna banget untuk hidup lebih baik,, dan untuk menuju akhirat yg terang :-)

  81. waww,bagus jga ya kata2 nya..
    emm,menurut aq hidup adalah permainan..lalu kita harus menjadi pemain hidup yg beriman,seperti MESSI yg menjadi pemain sepak bola profesional karena punya niat yg besar..klo kita sudah menjadi pemain hidup yg beriman,percalah nanti kita di akhirat akan mendapat nikmat yg besar… :)

  82. ya kita jalani hidup dgn sabar dan bersyukurr,,,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: