Desaku yang Kucinta…

Desaku yang kucinta

Pujaan hatiku

Tempat ayah dan bunda

dan handaitaulanku

Tak mudah kulupakan

Tak mudah bercerai

Selalu kurindukan

Desaku yang permai…

Mungkin sepenggal lagu tersebut mengingatkan kita akan keadaan sebuah desa yang masih asri, tempat kelahiran yang kita banggakan, tempat menetap ayah dan ibu kita, tempat kita merasakan keriangan semasa kecil…

Desa kelahiranku adalah Desa Doudo, terletak di wilayah Kecamatan Panceng, Gresik Utara. Desaku ini khas sekali dengan tanaman jambu monyet dan telaganya – Telaga Doudo – yang… katanya agak sedikit angker sih… Keunikan lainnya adalah walaupun tanah pertaniannya mencapai hampir 2/3 luasnya, desaku tidak mempunyai tanah sawah sama sekali, yang ada hanyalah tegalan dan ladang. Juga tentang kelangkaan airnya, di mana hanya ada satu mata air yang dinamakan Laga Geneng – tapi airnya hanya merembes (nggeneng dalam bahasa Jawa) –¬†serta kalau membuat sumur harus mengebor bermeter-meter jauhnya :( (Mungkin dari sinilah dinamakan Doudo, dari “doh” – jauh- dan “uda” – air – )

Desaku ini punya bahasa yang khas, bahasa yang merupakan percampuran dari bahasa Jawa logat Gresikan, bahasa Jawa logat Tubanan, bahasa Jawa logat Kidulan (?) , bahasa Madura, sedikit bahasa Bugis Makasar (?) , dan sedikit Arab (?) – ngawur juga sih sebenarnya :lol: , soalnya bahasanya terlalu campur aduk¬†– yang akhirnya kunamakan sendiri “Bahasa Jawa logat Doudoan” walaupun sebenarnya maksa banget :lol: . Kalau mau lihat keunikan bahasanya, klik nih di sini

Mungkin ini sekelumit tentang desaku… Semoga penasaran dan mau berkunjung…

Responses

  1. subhanallah sekali ya……
    tinggal di desa emang tentram banget….
    eh mas, bahasa jawa logat doudoan kya gmana?
    heuheu

    • Tinggal di Desa itu lebih enak. Udara masih bersih dan kehidupan bermasyarakatnya selalu Gotong Royong. Ketimbang hidup di Kota yang saya rasakan setelah dapat kerja di Ibu Kota berbanding terbalik dengan kehidupan di Desa

  2. aku juga anak desa lho, yg baik hati dan tidak sombong. wkaka…

  3. iku foto desone sopo?kok apik temen

  4. *mikir*
    Desa di luar negeri kaya apa ya?

  5. jadi rindu kampung halaman nih ;)

    • j

  6. Assalamu’alaikum Wr Wb

    Subhanallah, Sebuah lagu yang sangat dekat dengan kita rakyat indonesia

    Ada MP3ny Gak???

    Lagi Nyari tapi ga’ ada”

    Trims

    wassalamualaikum Wr. Wb.

    • saya khairul fajri kelas 4a sd2

      • m

  7. membaca ulang lagu itu mengingatkanku pada masa kecilku. pada saat itu aku masih di perantauan, tepatnya di sulawesi selatan. transmigrasi mengikuti orang tua. aku sekolah SD di sana, nama SD Rantemario,Luwu, Sulawesi Selatan.
    guruku (tentusaja) yang mengajarkanku lagu itu.

  8. Lagu itu mengingatkan kita dengan desa kita , yaitu desa tempat dimana kita dan orangtua kita dilahirkan. Saat ini jumlah penduduk desa sangat sedikit karena banyak orang – orang yang merantau ke kota untuk mencari nafkah. sebenarnya apabila kita cinta terhadap desa kita , seharusnya kita membantu memajukan pembangunan di desa.

  9. gimana klo desa kita ganti namanya?????:D:D
    masalah air gak ada masalah sekarang???

  10. Desa Doudo, saya kira kalau di Minangkabau atau di dekat Manado? Malah seperti nama Itali?Tapi kok ada banner ‘blogger ng-Gresik’? Kiranya memang di Gresik ya? Karena di ujung timur utara Jawa deket Madura kanaya logatnya unik ya? Termasuk nama desa itu, Doudo, saya mau selip ngucap mjd “dho wudo” = pada telanjang.. he..he.. :lol: :lol:

  11. ok

  12. desa doudo dimana yah?

  13. wah…Q jadi ingat ortu Q ni,,,soale aq jg lg di perantauan,,eh kpn” bleh dong kta sharing” bareng,,ya skedar ngbrol za,,,,Q ingn paham tntang arti kehidupan ni…..hehehe

  14. wah aq jadi rindu kampung halaman ku nih ah bisa main sama temen lama, bisa makan bareng sama keluarga kusus nya mbah di mojokerto kampung halaman ku, enak deh pokok nya :)

  15. waahh jadi kangen sama kampung halaman di Desa SIHIONG tercinta yang asri dan sejuk,
    diingin di tengah malam dan sejuk di kala siang.
    kapan aku bisa pulang kampung lagi yaakk??

  16. Lagu desaku dinyanyikan dua cewek bule

    http://nlpeter.nl/songs/dutch-girls-singing-desaku

  17. pengen ne nikmati suasana d desa,,,
    seasana y adem, n nyaman…
    PULKAM yuk..
    hehehehe…

  18. menetes air mataku..
    teringat kampung halaman..

  19. aku jdi sdh ngdngr mak ngbc lg it :D :) :( :v :|] <(")

  20. :| 8) 8|

  21. bgus y lgu nya…
    tpi aku btuh ya puisi bkan lgu ????

  22. Ingin mendapatkan informasi dan bisa berkomunikasi serta sosialisasi

  23. Desaku rimbun dan angun….

  24. Bagus… bagus..
    I like it…

    ehehehehe

  25. Keunggulan Teknologi Kolam terpal Skimming Pit, sudah siap untuk pasang anda hanya membuat rangka sendiri dari kayu, bamboo,beton, pipa, besi dll yang menuru anda murah, kolam ini berada atas tanah, keunggulannya kolam ts sdh terdapat 2 lubang yang berfungsi sebagai Overflow dan drain/pembuangan sehingga menjaga dan memudahkan kita untuk monitoring dan kontrol quality airnya , dan membungan sisa kotoran dan makanan ikan yang berlebihan, Dengan inovasi kolam terpal skimming pit ini kami mengajak dan memotivasi rekan yang ingin ber swasembada ikan di rumah sendiri bisa memberikan nilai tambah untuk keluarga, kalau kita tidak mencoba dan memulai salam Amelia Bogor 0857 1021 5058

  26. Doudo Panceng, jadi ingat sama bu guru Lilis Setiyorini…

  27. Terima kasih, sudah menulis ini… sukses buat mas ya … desa merupakan tempat yang penuh kenangan. Saya jg menuangkannya di blog saya tentang desa NGUNUT, kabupaten TULUNGAGUNG, Jawa Timur … http://ngunuttulungagungjawatimur.blogspot.com/

  28. desa.ku yg ku cinta ,walau aku jauh di luar pulau sana aku tak akan melupakan.mu

  29. wah…. sangat asri ya…….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: