Oleh: Arif Budiman | Jumat, 30 November 2007

Palestina, Tanah Seribu Impian…

Gagal lagi, gagal lagi… Pertemuan damai Annapolis yang digaung-gaungkan sebagai pertemuan damai yang akan terakhir dilakukan (dan yang dianggap akan menghasilkan suatu kesepakatan final), kandas lagi… Sudah lelah mungkin rakyat kedua negeri, Israel dan Palestina untuk menunggu akan datangnya sebuah kedamaian… Meninggali negeri masing-masing dengan aman dan nyaman…
Yah, memang harus melewati jalan berliku-liku semua masalah yang dihadapi oleh bangsa Israel dan Palestina untuk meraih sebuah kedamaian hakiki. Mungkin benar-benar sebuah kutukan dari tanah para Nabi, yang mana sejak zaman dahulu tanah ini penuh dengan konflik-konflik baik antar penduduknya sendiri maupun dengan bangsa luar.
Seperti diketahui, di tanah Kudus (Yerusalem, ibukota Palestina) ini terdapat tiga buah bangunan bersejarah dari tiga agama besar, yakni tembok ratapan (Yahudi), Gereja Bethlehem (Kristen), dan juga Dome of The Rock di situs Masjid Aqsa (Islam). Ditambah lagi dengan kesuburan tanah Palestina sebagai penghasil kurma, gandum, sorgum, dan anggur, serta posisi geografisnya yang sangat strategis di tepi laut Tengah, membuat tanah ini menjadi rebutan berbagai bangsa. Mulai dari bangsa Asyiria, Babilonia, hingga Mesir, Romawi, Arab, dan Inggris.
Daya tarik Palestina tersebut membuatnya menjadi tanah yang penuh konflik (mungkin seperti Indonesia juga, yang dari dulu menjadi daerah konflik dikarenakan daya tariknya yang luar biasa). Ditambah parah lagi dengan keragaman SARA penduduknya… Ya, sepatutnya kita masih harus bersyukur bahwa kita dianugerahi keragaman SARA, namun kita masih bisa menjaga toleransi walau tidak maksimal.
Palestina… Tanah seribu impian… Impian untuk merdeka dari penjajahan, impian untuk hidup berdampingan dengan keragaman SARA-nya, impian untuk berpenghidupan yang lebih baik… Namun, melihat berliku-likunya jalan untuk mencapai itu semua, mungkin impian itu hanya akan tinggal impian… Semoga saja tidak…


Responses

  1. wallahi….lemahnya israel bagaikan rumah laba-laba, yg dengan mudah kita menghancurkannya. save palestina..!!
    kami juga nulis artikel tentang palestina. judulnya “aku anak palestina” liat aja di sini lngng klik aja
    http://masamudamasakritis.wordpress.com/
    jgn lupa tinggalkan komentar juga ya…!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: