Oleh: Arif Budiman | Sabtu, 8 Desember 2007

Pramuka Mau Punya Saka Baru!!!

Saka (Satuan Karya) baru Pramuka digagaskan oleh TNI-AD. Namanya “Saka Wirakartika”, yang nantinya dikelola di bawah TNI-AD. Hal ini mengingat belum terlihatnya keikutsertaan TNI-AD dalam membina Pramuka secara langsung dalam satu dasawarsa terakhir. Kerjasama antara TNI-AD dan Gerakan Pramuka ini ditandai dengan penandatanganan naskah kerjasama oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Jendral Djoko Santoso dan Ketua Kwartir Nasional Azwar Anas pada Minggu, 28 Oktober 2007 di Markas Kodam Jaya(www.tni.mil.id)

Suatu kegembiraan sekaligus lecutan bagi Gerakan Pramuka. Di saat semakin melemahnya minat kaum muda akan kegiatan kepramukaan, adanya kerjasama ini akan membawa angin segar. Hal ini menunjukkan bahwa sebenarnya masyarakat umum masih berharap banyak terhadap Pramuka. Namun yang perlu diingat, bahwa dengan adanya kerjasama ini patutnya Gerakan Pramuka sendiri berbenah diri, memperbaiki sistem yang selama ini dianggap kurang beperforma. Semua adalah demi tujuan semula: turut serta dalam pembangunan masyarakat. Karena kepercayaan akan tinggal kepercayaan jikalau tidak ada niat baik menjaga kepercayaan itu.

Jayalah terus Pramukaku… Tumbuhkanlah akar-akar tunasmu di bumi pertiwi…


Responses

  1. Ehm… iya sekarang jarang mendengar gaungnya tunas kelapa, apa selama ini kita salah menerapkan apa yang dicetuskan powel waktu itu ya?

  2. Ya mungkin saja…
    Tapi yang saya amati, tak hanya Pramukanya saja yang perlu dibenahi, citra masyarakat terhadap Pramuka juga perlu dirombak total…

  3. Salam Kenal
    Gagasan yg Bagus bangggggeet itu, Jaman sekarang jarang anak sekolah mau ikut2an PRAMUKA, antusiasme berkurang….
    mungkin dgn adanya gagasan ini PRAMUKA terus hidup dan menjadi kegiatan primadona anak2 jaman sekarang seperti dulu lg….
    Mas tuker link yo….

  4. Semoga saja terwujud, supaya Pramuka nggak hanya jadi pemanis mata saja, supaya ada wujud nyata yang bisa dirasakan oleh masyarakat…
    (Oh, ceritanya ngomentari ini mau tukar link tah… Tapi nggak apa-apa deh, boleh saja…)

  5. Iya nich jadi kangen pramuka…
    Anak-anak sekarang memang tidak seperti jaman saya kecil dulu. Sekarang mereka lebih disibukkan dengan permainan yang modern seperti PS atau lihat TV yang acaranya beragam sekali.
    Saya dulu aktif banget pramuka, bahkan sempat ikutan jamnas di cibubur (tahun 1986). Waktu itu tidak ada hari tanpa pramuka…dan sampai sekarang pun manfaatnya masih terasa.
    Karena itu saya setuju kalau Pramuka kita bangkitkan lagi agar anak-anak Indonesia jadi anak yang kuat, cerdas, beriman dan berbudaya.

  6. Lha wong pramuka iku mek gawe syarat tok nang sekolahan…dadi kesan’e gak digarap sing bener…

  7. Bagus tuh idenya. Pramuka Indonesia sudah lama melempem, mari bangkitkan kembali.

  8. >ahmadfk
    Ya nih… Seakan kebanyakan anak itu “dipaksa” untuk masuk Pramuka oleh sekolah, sebagai salah satu “kewajiban”. Jadi, menimbulkan efek tidak suka dari anak sendiri terhadap Pramuka.

    >heniwisma
    Wah, pengalamannya dibagi dong mbak… Syukur-syukur ada hal yang baru yang bisa dipelajari

    >guebukanmonyet
    Emangnya kerupuk???😆

  9. kayaknya keren nech…

  10. BAGUS BANGET TUH, SEKARANG “PRAMUKA” DI SEKOLAH CUMA WAJIB SERAGAM NYA AJA, MUNGKIN NGGAK PADA PUNYA ‘NKTA’ KAYA KITA-KITA DULU.
    SEMANGAT TUNAS KELAPA UDAH REDUP MULAI DARI PEMBINA SAMPAI KE PESERTA DIDIKNYA (di Jakarta sih) GA TAU KALAU DI DAERAH.
    SALAM KENAL, BLOGNYA AKU LINK, BOLEH..KAN.?

  11. P.R.A.M.U.K.A PRAJA MUDA KARANA. Nasibmu sekarang di ekskul kalah gaung dengan ekskul ngeband, basket, futsal. Padahal dari PRAMUKA bisa di bentuk jiwa pemimpin masa depan yang handal. Ayo Bloger…!!!! adakan PERSAMI bloger di cibubur. Bloger peduli PRAMUKA. Salam Kenal mas.

  12. salam pramuka

  13. […] masih kuliah semester tiga di ITS Surabaya, dengan umur yang terbilang cukup muda (18 tahun wek […]

  14. >hadi arr
    Sama sih, nggak hanya di Jakarta kok…

    >akafuji
    Boleh… Kapan-kapan ya…

  15. bener banget
    baru-baru ini aja saya bareng sama temen2 di gudep ngadaain kegiatan “latihan berkuda” ke kavaleri berkudanya TNI AD.
    smbutan baik waktu kami konfirmasi ke sana
    do’akan saja biar sukses ngisi liburan kali ini dengan kegiatan yang bermanfaat
    insyaAllah kedepannya gudep kita bakalan ngadain keg berperahu (join with TNI AL) serta memanah (join with…….)

  16. suatu kebanggaan apabila pramuka mau melebarkan sayapnya lagi, dengan menambah satu SAKA lagi…

  17. pramuka krend sangadT ciiey……….
    bangga dech jd scouTer’z
    jd bingung mw ngmg pa Lg iia???

  18. >everythingispossible
    Ngikut dong…

    >ruys
    lebih bangga lagi jika Pramuka bisa menunjukkan “taring”-nya kepada khalayak

    >ranTi
    Jadi ingat iklannya Kwarda Jatim, “Untung ikut Pramuka *ting…* ”😆

  19. rentang oendirian saka baru setahuku sudah ada sejak lama. jadi intinya jumlah saka yang ada di Indonesia tuh gak cuma 7 tapi coba aja lihat di propinsi tetangga rif. kayaknya sudah ada yang ngurusin wisata, kehakiman dll.

    mungkin tergantung daerahnya ya bikin saka itu jadi bisa sesuai dengan kebutuhan

  20. ok banget tuch kayaknya………….jadi kita akan semakin mudah mendapatkan pengalaman di saka yang kita sukai……..tidak hanya 7 saka yang telah ada……….Salam Pramuka!!!!

  21. wah..keren..! ni di kab.sragen juga dah didirikan di kodim sragen sekitar 1 bulan lalu. ini perlu dikembangkan, jangan cuma di tingkat cabang. di kecamatan/koramil pun harus di adakan. sayang cuma bentuk thok, sing saka lama gak diurusi….! lah piye…?

  22. gw se-7 atas adanya saka baru ini di indonesia.
    gw harap saka menjadi teladan semua saka

  23. salam pramuka
    dengan adanya saka baru saya sangat setuju mzkpun banyak yg tdk setuju namun dengan adanya saka baru saya harap saka yg laen spt: bhayangkara, bahari, kencana, taruna bumi, wana bakti, bakti husada, dirgantara tetap berjalan lancar.

  24. salam pramuka…! SAKA WIRA KARTIKA perlu disambut untuk ‘Bangkit Indonesia & lebih cinta tanah air. okey…, semua satuan karya memang harus berkarya nyata. Coba dapat dibayangkan ‘bagaimana indahnya bekerja-sama’ jika kegiatan saka maupun tingkatan yang lain ada : budi daya adenium/antorium,batik yg diaplikasikan dimedia kayu, keahlian membuat blog/website,berburu fosil kayu untuk seni,seni membuat layang2 unik, membuat kompor alternatif dgn bahan bakar batu bara/arang/batok kelapa/ampas tebu ataupun bikin alat-barang yang dibutuhkan oleh remaja dari bahan2 bekas dan.. masih banyak lagi.. INILAH secuil inspirasi yang bikin anak & remaja kita tertarik masuk pramuka.tidak alergi pramuka. Barangkali ini SATUAN KARYA SENI atau mungkin hanya ..sekedar khayalan saja?… Jika Anda konsen dengan apa yang dinamakan “pramuka sebagai alat mencapai tujuan”, maka hendaklah kita ‘lebih mendekat & menyentuh tujuan kedepan’ >>> From : BUDI eks. WB SURABAYA, 349 STM PEMBANGUNAN SBY, DKC SBY 81-84 <<<

  25. >kampoengboyo
    Yupz… Bagus itu… Memang perlu disesuaikan dengan kebutuhan daerah masing-masing…

    >sha-sha
    Lebih banyak, lebih bagus… OK?🙂

    >pepen
    Ya, harusnya lebih ngopeni, baik yang baru maupun yang lama juga… Thank’s komentarnya…

    >ardi dp
    Ya, semangat buat saka yang baru…:mrgreen:

    >yeri
    Harus dong, masakan yang lama kalah sama yang baru? Betul tidak?

    >BUDI SANYOTO,SE.
    Iya, ide bagus… Kalau ada, aku mau masuk ah…:mrgreen:

  26. Sahabat,.. (=kakak atau adik.)

    ADA 1 rangkaian pandanganku tentang PRAMUKA yang dikorelasikan dengan situasi era sekarang ini sejalan dengan momentum Pramuka bangkit .

    1.Perlu diingat : Pramuka itu merupakan alat mencapai tujuan dan bukan tujuan. manakala seseorang telah terpatri JIWA Pramukanya,maka
    secara de-facto ianya(dia) tetap menjadi Anggota Pramuka selamanya ; meskipun sudah tak punya KTA,rutin mengisi presensi latihan serta..tak membayar iuran.
    Setiap melihat kegiatan pramuka jantungnya pasti berdegup mengandung kebahagiaan. ada semacam aliran darah yang mengalir membangkitkan bulu kuduk..mengenang masa lampau yang jauh keadaannya dengan dunia sekarang yang tak menentu.

    Jadi, berbahagialah Anda yang sampai saat ini masih terjaga oleh spirit dasa dharma. itu rahasia hati yang akan menyelamatkan hidup Anda sampai nanti.

    2. Pramuka itu bukan sebatas UNIFORM coklat muda – coklat tua. Ketika seseorang berjiwa Pramuka terdorong keinginannya untuk berguna bagi masyarakat sekitarnya (termasuk anak2.
    remaja,pemuda juga) maka dia tak harus ber –
    ‘uniformnable’ untuk menunjukkan eksistensinya.
    tak harus berlaku ‘special troop’ untuk bergerak.

    Cukup bermodalkan konsep : ‘dalam sehari me-
    realisasikan 1 hingga 3 perbuatan baik’ atau yang lebih ‘dalem’ lagi boleh dikatakan sebagai : berlaku mulia.
    Jadi, tidak ada kata ‘tidak bisa’ atau ‘tidak mungkin’ untuk melakukan sesuatu yang kontra kesia-siaan dalam hidup seorang Pramuka.

    —————-
    so what gitu loh ?
    —————-

    DIBAWAH INI sekelumit inspirasi yang mudah2an bisa menghidupkan ‘aroma baik’ yang bisa menimbulkan salut & berkesan dari dunia luar ter
    hadap personality yang dmiliki oleh ‘Anggota’ Pramuka.

    Pramuka Indonesia harus lebih Universal dan lebih peduli dibanding Pengakap Malaysia maupun
    Boy scouting disejumlah Negara. Pramuka harus peka terhadap situasi yang bukan sekedar berkembang saja, namun SITUASI YANG DIBUTUHKAN Masyarakat saat ini.

    Situasi yang dibutuhkan masyarakat saat ini LAH yang harus dimanfaatkan oleh para Pramuka sebagai peluang EMAS.

    KITA bisa melakukan hal-hal sbb:

    a. KITA TAK HARUS MENGANGGAP PENTING
    SEKAT-SEKAT DALAM OUT DOOR ACTIVITY.
    maksudnya, ketika Para Pramuka itu melaku
    kan sesuatu yang berguna bagi mayarakat.
    tanggalkan Sementara Uniform Pramuka,
    Identitas Gugus Depan, Satuan, Tingkatan.
    Kita Cukup : mengenakan pakaian casual,jaket
    atau sejenisnya ,yang hanya ada SEMACAM
    PIN atau BROSS atau EMBLEM BORDIR atau
    semacam lencana dengan BRAND NEWS bertu-
    liskan “satyaku kudharmakan, dharmaku kubak
    tikan” atau bisa juga “SCOUTISM CARE” dengn
    pita merah putih melingkar disekelilingnya.
    ya, sesuatu yang simpel saja.

    b. BERSAMANYA, LAKUKAN HAL-HAL YANG POSI-
    TIP, SEDHERHANA & BERGUNA.
    misalnya :
    1.Lakukan langkah awal dengan mengajak te-
    man pramuka (bebas) untuk memanfaatkan
    ‘hari yang tanpa perlu undangan’ untuk ber-
    temu di ‘tempat yang tanpa tak diketahui’
    serta ‘waktu yang paling bersemangat untuk
    out-door’ yakni : Disuatu pagi 05.00 dihari
    MINGGU bertempat di ALUN-ALUN KOTA mu.
    jangan lupa : BRAND NEWS yang bisa Anda
    buat sendiri.
    Selanjutnya lakukan pembicaraan2 ringan
    tentang bagaimana Anda akan berinovasi.
    2.Langkah berikutnya adalah melakukan lagi
    beberapa kali jumpa para aktivis SCOUTISM
    CARE itu untuk lebih mengerucutkan sasaran
    (action plan). jangan lupa catat & himpun da
    ta aktivis secara lengkap serta input-input
    brilian diantara yang datang. ingat : Isilah
    saat-2 itu dgn JOGGING atau SENAM PAGI.
    3.Diantara beberapa input brilian itu, kategori
    kan dengan skala prioritas & asas kemanfa
    atannya.
    4.Bentuklah Koordinator kerja dan jika perlu
    lakukan CORE MEETING tersendiri bagi pa-
    ra Koordinator Kerja yang terpilih.
    5.Berikutnya ‘Para Pramuka Universal’ itu da-
    pat memulai programnya sebagai implemen
    tasi dari sikap peduli yang timbul dari dalam
    diri masing-masing (inner care) menanggal
    kan satuan,basis dsb. yang ada hanya Adik
    dan kakak. usia anak hingga manusia dewa
    sa yang mempunyai Kemampuan & kecaka
    pan yang berlebih.
    6.Ceritakan hasil-hasil aktivitas Anda kepada
    Anggota yang lain dan dokumentasikan. Ta
    pi ingat aktivitas tersebut harus tetap ber –
    pegang semangat INDEPENDENSI tanpa
    campur-tangan Pihak-Pihak Sponsor diLuar
    gerakan Pramuka, kecuali terdapat bebera-
    pa peminat yang bersimpati atau bergabung
    dalam THE BIG FAMILY Pramuka dengan
    suka rela.
    7.Lakukan Out Door Aktivity tersebut secara
    terus menerus, siapa tahu akan berkemb –
    bang membesar termasuk terjalin kerja
    sama bisnis (misalnya).
    8.Semakin sering Anda kerjakan secara Kon
    tinue . semakin hari akan semakin nampak
    terbentuknya karakter humanis Anda seba
    gai manusia unggul yang tidak tinggal diam
    ditengah kondisi bangsa kita saat ini.
    Yang mana Anda terhindar dari manusia
    type penggerutu,pemrotes dan tanpa fae-
    dah lainnya.

    Well,,. mungkin inilah salah satu langkah maju se
    belum Anda menemukan makna ‘revitalisasi pra
    muka’ yang telah dicanangkan Presiden dan siapa
    lagi ‘motor pengerak sekaligus bahan bakarnya’
    untuk melakukan tindakan yang MULTI DIMENSI
    ini. ANDA MUDAH MELAKUKAN INI ,namun satu-
    satunya kesulitan yang ada adalah Ketidak-pedu
    lian Anda akan POTENSI BESAR yang telah tebentuk dalam diri Anda selama ini.

    semoga.

    DAFTAR ACTION PLAN bisa sperti ini :

    – Memungut sampah dan membersihkan lingkung
    an., membuatkan tong sampah bagi rumah2 yg
    tidak ada tong sampah.
    – Memberikan beberapa bungkus nasi kepada pe
    kerja kebersihan kota,pemulung,tukang becak,
    asongan termasuk menyediakan kendi air depan
    rumah.
    – Membersihkan,menghimpun sampah ditempat
    wisata,pantai,pasar dll.
    – Merapikan sandal para jemaah sebelum sholat
    jumat usai.
    – Membuat pembibitan tanaman pohon peneduh &
    berbuah juga menanam tanaman obat dsb.
    – Membantu mengatasi kemacetan kendaraan se
    menyebarkan brosur anti AIDS buatan sendiri.
    – Mendatangi Gudep2 yang minus sarana & pola
    pembinaan untuk membantu secara insidentil.
    – Memberikan pakaian layak pakai kepada penge
    mis dan gelandangan.
    – Memberikan pupuk Gratis kepada masyarakat
    yang punya tanaman namun tak terawat.
    – Memberikan bantuan beras hasi dari Jimpitan
    (beberapa ons beras yang terkumpul dari setiap
    orang anggota).
    – Mengumpulkan alat tulis & buku layak pakai
    serta berlaku kepada yang membutuhkan, ter=
    masuk tas sekolah/sepatu yg tidak terpakai.
    – Mengecat tempat sampah,Kanstin berm jalan &
    rumah orang yang tidak mampu.
    – Membersihkan lapangan dari kotoran & sampah.
    – masih banyak lagi…

    AKTIVITAS BISA DILAKUKAN DALAM BENTUK
    PAKET (BERSAMA-SAMA) MAUPUN MANDIRI.
    dan Jangan lupa…
    AJAKLAH DIALOG ORANG-ORANG YANG DAPAT
    MEMBANTU PROGRAM ANDA BAIK MORIL MAUPUN
    MATERIIL.
    sehingga tidak terkesan bahwa Pramuka selama ini buang-buang waktu,dana tanpa ekstra kegiatan.

    Pramuka yang merupakan wadah pendidikan di
    lingkungan ke 3 (,,yang merupakan salah satu kegiatan ekstra sekolah, KENAPA ENGGAK bila
    mana Pendidikan Pramuka itu sendiri mempunyai
    KEGIATAN EKSTRA juga……****

    BUDI SANYOTO

  27. SALAM PRAMUKA……!!!
    Saya sangat mendukung dengan dibentuknya SAKA WIRA KARTIKA….
    Maju terus KePRAMUKAAN INDONESIA…
    BRAVO SCOUT…

  28. Salam Pramuka…!!!
    Saya sebagai Pembina Pramuka di SMKN 3 Baleedah Kab.Bandung, sangat berbahagia sekali dengan dibentuknya SAKA WIRAKARTIKA dengan binaan TNI-AD….
    Peserta didik akan bertambah minat ke Ekstrakurikuler Pramuka & bisa menyalurkan kemampuannya, Agar disiplin & Lebih tegas dalam mengambil sikap.
    Maju terus Pramuka Indonesia….
    Hidup Pramuka….Pramuka Jaya.
    Ambalan Andaya Sakti & Ambalan Dewi Sri

  29. SALAM PRAMUKA………………..
    M E R D E K A…………………
    saya bangga sebagai anggota gerakan pramuk dan juga prihatin melihat gerakan pramuka saat ini yang tidak kelihatan lagi sebagai cermina seorang anak bangsa yang rela menolong tapi sekarang banyak yang menye-menye dan jauh dari yang namanya anak PRAMUKA…………………………………

  30. salam pramuka! mari kita tegakkan lagi tunas kelapa yang kini akan rubuh! semangat!!!

  31. It’s a good idea…
    Yach… Secara SAKA in my school just SAKA Wanabhakti, Bayangkara, and Bhakti Husada. Tapi kalo misalnya ada SAKA baru apakah di skull aku akan diikutsertakan the new SAKA?????

  32. gggggggggggooooooooooooooooooooooooood

  33. Salam Pramuka!!
    Yaps bener banget! Pramuka di Indonesia harus lebih bersemangat dan berjuang keras membangkitkan PRAMUKA kembali. Karena PRAMUKA sekarang ini bisa dibilang pudar khususnya pelajar SMA yang mulai merasa ‘GENGSI’ jika mengikuti organisasi ini. Dan mereka menganggap PRAMUKA itu culun(kata2 yg pernah saya dengar dr kalangan pelajar SMA)!! Padahal PRAMUKA itu khan seru banget.. Apalagi ketika sedang melaksanakan games, pawai, karnaval, jambore, raimuna, dan masih banyak lagi. Jadi sangat disayangkan jika tidak mengikuti organisasi ini. Benar khan Kakak-Kakak??

  34. saya setuju dengan hadirnya saka baru tersebut

  35. Salam Pramuka,
    Bagi seluruh keluarga besar pramuka di seluruh indonesia jangan bersedih and berkecil hati krn pramuka kalah dgn kegiatan lain.Mari kita satukan tekad,satukan hati utk memajukan dan mengharumkan indonesia dgn kegiatan pramuka.Bagi anggota pramuka saka wirakartika slam kenal dr kami anggota wira dari Kodim 0905 Balikpapan.Maju pramuka kita .Pramuka Indonesia Bisa.Pramuka Wirakartika Jaya..Jaya…Jaya

  36. pramuka adalah bentukan orde baru untuk mengebiri organisasi pemuda lain (yang kayaknya vokal menentang) yang tumbuh saat itu. itu kata teman saya.

    terlepas dari itu, saya anak pramuka juga, dari SD ampe Kuliah. ada manfaat yang dapat dipetik dari PRAMUKA tetapi tak dapat disangkal bahwa perkemahan (PRAMUKA) hanya dijadikan ajang PACARAN. Akhirnya, Dasa darma berubah menjadi dasa plus eka darma: 11. Penyerahan keperawanan atas nama cinta.

  37. salam pramuka………………..
    teman2 simua jadikanlah pramuka itu te2p faya jangan dijadikan sebuh pelampiasan belaka
    semangat truz buat semua
    hidup pramuka……………………..

  38. _saLaM pRamUkaa_ dUch jD pNgEn mAsUk sAka w!rakaRt!ka..

  39. salam pramuka………..
    wah baguz tuch, jdi kan da wat tambah pengalaman lgi,,,,,,,,,
    jdi pngen ikuutan,,,,,,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: