Oleh: Arif Budiman | Kamis, 20 Maret 2008

Guten Tag!

Wehehe… Itu salah satu kalimat dalam bahasa Jerman yang artinya kira-kira dalam bahasa Indonesia: “Hari yang baik!” atau dalam bahasa Inggris “Nice day!”.

Ya, akhir-akhir ini saya begitu interest sekali belajar bahasa asing. Entah kenapa, saya selalu merasa tertantang dengan belajar bahasa asing. Tidak hanya satu jenis bahasa saja, bahkan berbagai bahasa! Mungkin, bawaan saya yang suka dengan pluralisme kultur barangkali…

Yang jelas, belajar bahasa asing ternyata banyak manfaatnya. Kita jadi tahu kebudayaan negeri lain, makanan khasnya, orang-orangnya seperti apa karakternya, dsb. Syukur kalau benar-benar bisa ke luar negeri, kita akan bisa berinteraksi dengan masyarakat setempat dan belajar budayanya secara langsung, dan untuk itulah peranan belajar bahasa asing sangat diperlukan.

Namun yang perlu diingat, boleh saja belajar bahasa asing, namun jangan sampai lalai belajar bahasa sendiri. Ingat, kawan. Bahasa kita yang berjumlah 700 jenis sudah hampir separuhnya kehilangan penutur. Mau tidak kalau bahasa kita sendiri punah?

NB: Bagi yang tahu tentang freeware belajar bahasa, mohon diinfokan ya…


Responses

  1. Guten Tag ! Alles klar ?

  2. wah nambah satu lagi kemampuan bahasanya.
    kayaknya mau pergi ke jerman neeh…🙂

  3. iya bahasa penting sekali, kekurangan bangsa kita adalah banyak menyerap bahasa asing tapi sulit untuk menggunakan bahasa asing yang original. Biasanya cuma buat gaya2an… repot kalo udah gini. Sukses dik arif baut belajar bahasanya… ditunggu disini yach.

  4. guten malam apa ya?

  5. kerasa banget loh kalo bisa banyak bahasa. beberapa teman2 asing saya di kampus bisa lebih dari 2 bahasa asing. tetap semangat belajar ya!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: