Oleh: Arif Budiman | Jumat, 28 Maret 2008

Menulis yang Baik Bagaimana ya???

Setelah menimbang-nimbang dan memperhatikan dengan seksama, aku berkesimpulan bahwasanya MENULIS ITU BUKAN HAL YANG MUDAH DAN PATUT UNTUK DIPELAJARI LEBIH DALAM… Ini aku dapatkan setelah mendengar keluhan dari temanku tentang dosen Bahasa Indonesianya yang “pelit nilai”. Aku pikir sih, memang dasarnya saja yang tidak bisa. Terutama dalam hal menulis (baik itu karangan, artikel, makalah, dan lain-lain), yang diprediksi sebagai biang keladi jebloknya nilai Bahasa Indonesia teman-temanku itu. Hehehe, aku sendiri pun merasa tidak bisa menulis, buktinya saja tulisanku di blog ini yang tidak begitu bermutu

Mungkin yang perlu diperhatikan dalam menulis adalah ide dan kelancaran menuangkan ide. Pertama, kalau tidak punya ide, mana bisa menulis??? Terus, kalau punya ide tapi tidak bisa menuangkannya dalam sebuah tulisan, sama saja bukan???

Jadi dalam pemikiran saya, kata kuncinya adalah: BANYAK-BANYAK MENEMUKAN IDE, baik itu dengan banyak bertualang atau mempelajari hal yang baru, dan BANYAK-BANYAK BERLATIH MENULIS, supaya terbiasa dan tidak kagok lagi menuangkan idenya itu. Chayo… Selamat menulis!!!


Responses

  1. MENULIS ITU BUKAN HAL YANG MUDAH DAN PATUT UNTUK DIPELAJARI LEBIH DALAM…
    Setuju!!! ketika aku bilang seperti itu sama seniorku .. jawabnya “Rajin baca dong!!” berlatih menulis tanpa baca sama aja … haha, aku cuma ketawa. Dasar aku pemalas. Hiks.

  2. >Mezza
    Dasar kamu pemalas…😆 Ya itu tadi, banyak membaca –> Banyak menemukan ide… Betul tidak???

  3. menulis menjadi mudah ketika kita mendapat ide inspirasi dan sebagainya.
    dan menulis benar-benar terasa gampang kalau inpirasi/ide itu datang setiap saat…🙂

  4. menulis itu mudah tinggal bagaimana kita menggali tulisan kita lagi supaya lebih bermakna
    btw tulisan diriku gak bermakna :mgreen:


Tinggalkan Balasan

Kategori

