Oleh: Arif Budiman | Kamis, 26 Juni 2008

Sebuah Surat Edaran…

Saya benar-benar jengah dengan sebuah surat edaran yang saya temukan di salah satu surau (bagi yang protes: musala) di kampus saya. Saya kutipkan semua isinya, tanpa suntingan sama sekali:

PERNYATAAN SIKAP ABU BAKAR BAASYIR
Mengenai INSIDEN MONAS

Alhamdulillah, Shalawat dan Salam atas Nabi Junjungan kita Muhammad Shallallahu’alaihi wasallam beserta keluarga dan seluruh sahabatnya serta seluruh pengikutnya hingga hari kiamat. Allah Subhanahu wata’ala berfirman:
“Sesungguhnya orang-orang mu’min adalah bersaudara karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat.”

(Q.S. Al Hujuraat:10)

Rasulullah Shalallahu’alaihi wasallam bersabda:
“Persaudaraan sesama mu’min bagaikan satu tubuh, apabila salah satu bagiannya terluka, maka seluruh tubuh akan merasakan sakit.”
(HR. Bukhari dan Muslim)

Amma ba’du.
Sehubungan dengan terjadinya INSIDEN MONAS pada tanggal 1 Juni 2008 berikut rentetan berbagai peristiwa lain yang terkait, maka saya Abu Bakar Baasyir memandang dan menyatakan sikap bahwa:

  1. Usaha pembubaran FPI hanya usaha pengalihan isu BBM dan Ahmadiyah
  2. Ahmadiyah harus dilarang di seluruh Indonesia atau dinyatakan sebagai kelompok agama di luar Islam
  3. Kejadian Monas tanggal 1 Juni 2008 adalah akibat provokasi massa AKK-BB terhadap Komando Laskar Islam yang sedang menggelar aksi demo menolak kenaikan harga BBM, sehingga penyerangan Komando Laskar Islam sebagai bentuk reaksi dari provokasi massa AKK-BB
  4. Umat Islam harus jeli dan berhati-hati terhadap segala usaha pemecahbelahan oleh antek-antek zionis di Indonesia yang berkedok ulama dan kyai.
  5. Memprotes ketidakadilan POLRI yang hanya menangkap para aktifis FPI tanpa menindak para provokator dari AKK-BB yang jelas-jelas menjadi penyebab terjadinya INSIDEN MONAS pada tanggal 1 Juni 2008.
  6. Saya melihat INSIDEN MONAS pada tanggal 1 Juni 2008 adalah juga akibat dari lambatnya sikap pemerintah terhadap Ahmadiyah.
  7. Menghimbau kepada seluruh kaum muslimin untuk bersatu dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SUbhanahu wata’ala dengan memperbanyak doa untuk kebaikan dan keselamatan Dinul Islam di Indonesia.

Demikian, wallahu a’lam.
Hasbunallah wani’malwakil ni’malmaula wani’mannashir.

Ngruki, 01 Jumadits Tsani 1429 H

Abu Bakar Baasyir

Nah, dari surat edaran tersebut, terdapat beberapa yang saya anggap sebuah kesalahan fatal yang entah disengaja atau tidak disengaja oleh si pembuatnya:

  1. Baik kutipan surat maupun hadits yang dicantumkan tidak berhubungan sama sekali dengan pernyataan yang ada di bawahnya.
  2. Insiden Monas masih belum diketahui siapa pemicunya. Sehingga mendiskreditkan salah satu pihak (baik AKK-BB maupun FPI) adalah salah satu bentuk provokasi juga.
  3. Segala bentuk kekerasan, baik yang dilakukan dengan sengaja maupun tidak sengaja dalam pandangan negara dan agama manapun adalah dilarang, sehingga membenarkan tindakan FPI yang menyerang AKK-BB walaupun itu misalnya diprovokasi oleh AKK-BB, adalah suatu bentuk dukungan terhadap tindak kekerasan.
  4. Penulis sendiri adalah salah seorang kyai, sehingga mencurigai kyai atau ulama berarti mencurigai penulis sendiri, dan bisa saja si penulis adalah juga antek zionis.
  5. Pelarangan kegiatan Ahmadiyah di Indonesia adalah sebuah pemberangusan kebebasan dalam beragama, sedangkan dalam Undang-undang Dasar 1945 sendiri negara telah menjamin kebebasan dalam beragama bagi semua penduduknya.

Semoga saja umat Islam di Indonesia tidak terprovokasi lagi oleh surat edaran yang semacam ini…


    Responses

    1. setuju cak, katakan tidak pada segala bentuk kekerasan …

    2. hm…itu surat edarannya bisa dipercaya gak sumbernya? jangan-jangan malah dari orang sengaja mau merusak selaturaahim umat Islam? Gimana tuh? Hm…spakat, jangan ada kekerasan tapi urusan Ahmadiyah tetep harus diselesain….

    3. intinya jangan mudah terprovokasi kan..

    4. Saya selalu suka sama teori konspirasi😀

    5. BIKIN ORMAS like FPI getho butuh dana gede ya..

      wah butuh buat makan juga tuh..

      mendanai dan di danai…

      Semoga orang Indonesia kalangan atas bawah cepet sadar INDONESIA YA INDONESIA
      yg suka barang import termasuk pola pikir..

      INDONESIA skrg jd ARAB yahh???
      hehehe

      listen at new window.!

      EMULTY DEMO 77

    6. > mybenjeng
      Yak, setuju!!!:mrgreen:

      > haSna- ^_^
      Wadhuh… Tidak tahu ya… Tapi yang penting surat tersebut dapat memprovokasi orang lain tuh… Ya, sepakat juga. Menyelesaikan masalah tanpa masalah…:mrgreen:

      > hanggadamai
      Yupz… Bentul sekali…

      > utchanovsky
      Teori konspirasi❓ Apa lagi itu???

      > EMULTY
      Belum jadi Arab, tapi “nyaris” jadi Arab…:mrgreen:

    7. Islam tidak mengajarkan kekerasan!


    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    Kategori

    %d blogger menyukai ini: